Tuesday, October 9, 2012

Perang Messi vs Ronaldo Berakhir Imbang

dimedan.net - El Clasico’ jilid pertama di La Liga 2012/13 berlangsung seru. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi perhatian utama berkat gol-gol mereka.
Laga yang berlangsung di Camp Nou, Senin dini hari (8/10/12) WIB ini seolah menjadi ajang persaingan dua calon peraih gelar pemain terbaik dunia, Messi dan Ronaldo. Masing-masing mencetak dua gol dalam laga yang berakhir 2-2.
Meski demikian, dari segi kompetisi, hasil ini lebih menguntungkan bagi Barcelona, yang kokoh di puncak klasemen dengan 19 poin dari tujuh laga, unggul delapan poin dari Madrid, yang masih bertengger di tempat ketujuh.
Krisis bek tengah yang dialami Barcelona membuat pelatih Tito Vilanova harus berimprovisasi dengan skema tiga bek. Dani Alves, Javier Mascherano dan Jordi Alba adalah kombinasi pilihannya di awal laga. Sektor gelandang diisi empat pemain sementara di depan, Lionel Messi, Cesc Fabregas dan Pedro Rodriguez membentuk trisula.
Pelatih Jose Mourinho tak punya masalah dengan pemainnya sehingga bisa menurunkan skema favoritnya, 4-3-3. Cristiano Ronaldo di lini depan bersama Karim Benzema dan Angel Di Maria.
Barcelona, seperti biasa, mengutamakan penguasaan bola dari kaki ke kaki, sementara Real Madrid berupaya menyerang dengan cepat dan efektif setiap menguasai bola. Selama 15 menit pertama, Barca unggul dalam penguasaan bola namun Madrid lebih banyak melepaskan tembakan.
Real Madrid mencetak gol pembuka lewat Cristiano Ronaldo pada menit ke-31. Berawal dari serangan balik, Karim Benzema menerima bola di depan kotak penalti Barca. Sembari memutar badan, ia memberikan umpan terobosan ke Ronaldo, yang menusuk dari sisi kiri. Tendangan mendatarnya bersarang di sudut bawah gawang Barcelona, mengubah kedudukan menjadi 0-1.
Semenit kemudian, Benzema menerima umpan pendek di dalam kotak penalti. Bola diarahkan ke sudut kiri atas gawang lawan namun gol batal tercipta karena bola masih membentur tiang gawang.
Tuan rumah membalas pada menit ke-31. Berawal dari umpan silang rendah Pedro Rodriguez, bola bergerak liar setelah membentur kaki bek Madrid. Pepe gagal menghalau bola dengan sempurna melalui sundulannya dan segera disambar Messi, yang berdiri tak terkawal di kotak penalti. Kedudukan kembali imbang 1-1.
Tempo permainan menurun di menit-menit akhir babak pertama. Permainan justru menjurus kasar. Dua kartu kuning di lima menit terakhir diberikan wasit masing-masing kepada Pedro dan Xabi Alonso. Kedudukan 1-1 bertahan hingga turun minum.
Tak banyak yang terjadi di 14 menit awal babak kedua, kecuali banyaknya pelanggaran yang tercipta. Setidaknya lima pelanggaran terjadi dan menghasilkan satu kartu kuning untuk Sergio Busquets, akibat menekel Ronaldo dari belakang.
Tepat di menit ke-60, Barca mencetak gol lewat tendangan bebas Messi, yang didapat akibat pelanggaran Xabi Alonso kepada penyerang Timnas Argentina itu. Dari jarak sekitar 25 meter dari tiang kiri gawang kiper Casillas, Messi melepaskan tendangan melengkung, amat dekat dengan tiang dan tak mampu dijangkau sang kiper. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Barca.
Hanya enam menit setelah gol itu, Ronaldo membalas. Gol Ronaldo tercipta lewat tendangan mendatar ke sudut kiri bawah gawang Victor Valdes, usai menerima bola daerah di tengah kotak penalti lawan. Umpan dikirimkan oleh Mesut Ozil.
Higuain nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-72. Tendangan Higuain dari dalam kotak penalti ke sudut kanan bawah gawang masih bisa ditepis Valdes.
Barcelona punya peluang yang lebih baik lagi dua menit jelang laga usai. Tiki taka di luar kotak penalti menghasilkan ruang terbuka bagi Martin Montoya. Beruntung bagi Madrid, tendangannya dari jarak jauh masih membentur mistar gawang. Kedudukan 2-2 bertahan hingga usai.
Susunan pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves (Martin Montoya 28’), Javier Mascherano, Jordi Alba; Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Adriano;Cesc Fabregas (Alexis Sanchez 62’), Lionel Messi, Pedro.Pelatih: Tito Vilanova.
Real Madrid:Iker Casillas; Pepe, Sergio Ramos, Marcelo, Alvaro Arbeloa; Sami Khedira, Xabi Alonso, Mesut Ozil (Kaka 80’); Angel Di Maria (Michael Essien 88’), Karim Benzema (Gonzalo Higuain 62’), Cristiano Ronaldo. Pelatih: Jose Mourinho.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger