Monday, September 24, 2012

Jokowi Akan Mundur Sebagai Walikota Solo

Dimedan.net - Jika tidak ada gugatan terkait hasil Pemilukada putaran kedua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penetapan Gubernur DKI Jakarta terpilih pada tanggal 3 Oktober mendatang. Untuk itu KPU meminta Cagub Jokowi untuk segera mengurus pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo.

Anggota KPU DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim mengatakan, penetapan Gubernur DKI Jakarta terpilih akan dilakukan setelah KPU melaksanakan rapat pleno penghitungan suara Pemilukada DKI Jakarta putaran kedua pada 29 September.

Penetapan itu juga baru bisa dilakukan apabila tidak ada gugatan dari kubu pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, yang berdasarkan hasil hitung cepat kalah dalam Pemilukada putaran kedua "Setelah penetapan gubernur DKI terpilih, apabila tidak ada gugatan dari kubu Foke, lalu pada 7 Oktober itu serah terima jabatan gubernur DKI 2012-2017. Salah satu syaratnya, Jokowi harus mundur dari jabatannya sebagai Walikota Solo," jelasnya, Senin (24/9/2012).

Ia melanjutkan, setelah penetapan maka pengunduran diri Jokowi sebagai Wali Kota Solo, harus segera diproses oleh DPRD Solo, kemudian diajukan ke Menteri Dalam Negeri untuk selanjutnya dikeluarkan SK dari Presiden RI.

"Jika menggunakan aturan lama, Kepala Daerah harus mundur dari jabatan sebelum menjadi calon, namum aturan itu kan sudah dibatalkan. Otomatis bila terpilih, maka harus mundur dari jabatannya, karena tidak mungkin double job," ujarnya.

Saat ditanya bagaimana jika akhirnya DPRD Solo tidak mengabulkan pengunduran diri Jokowi, Jamaluddin mengatakan KPU DKI belum membahas langkah antisipasi terhadap hal itu. "Itu belum bisa dijawab. Nanti mungkin kita lihat ada wacana yang berkembang seperti apa. Tapi yang jelas, tidak bisa kalau tidak mundur," ucapnya.

Jamaluddin juga mengatakan, hal tersebut sudah tidak termasuk ranah KPU lagi, sehingga KPU tidak mempunyai sikap dan antisipasi apapun. "Kalau sudah bicara surat Kemendagri dan SK Presiden sudah melampaui wewenang tugas KPU. Karena kinerja KPU lebih kepada urusan proses pemilihan," tandasnya.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger