Tuesday, May 29, 2012

Pergi Ke Salon Dapat Deteksi Kanker

BERITA ANAK MEDAN - Pergi ke salon adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan khususnya bagi perempuan. Namun siapa sangka selain membuat tampilan menjadi lebih menarik, ke salon juga bisa menjadi metode baru mendeteksi melomoma. Benarkah?

Melomoma atau yang sering disebut sebagai kanker kulit yang paling serius yang ditunjukkan dengan adanya perubahan warna yang berbeda dengan kulit kepala.

Berdasarkan sebuah survei dilakukan pada salon rambut di Texas, menemukan bahwa kanker kulit dapat dideteksi lebih dini oleh para penata rambut.
Dengan bantuan penata rambut diharapkan secara signifikan bisa menolong dalam menemukan kasus melonoma awal yang ditemukan pada kulit kepala pelanggan.

Para peneliti dari Harvard School of Public Health menganalisis data dari hasil survey terhadap 203 penata rambut profesional, yang menjawab pertanyaan mengenai apakah mereka menemukan tahi lalat atau bercak tidak normal pada leher, kulit kepala dan wajah pelanggan.

Dari hasil tersebut, akhirnya diketahui bahwa sebanyak 58 persen penata rambut menyarankan pelanggannya untuk menemui dokter terkait penemuan tahi lalat atau peradangan di kulit yang dianggap tidak wajar.

"Penata rambut dan pencukur rambut memainkan peran yang unik untuk dapat mendeteksi melanoma awal jika mereka dilatih bagaimana menemukan kulit dengan tahi lalat dan luka tidak normal ketika mereka sedang memegang bagian kepala pelanggan," ujar Alan C. Geller, pimpinan dalam penelitian tersebut.

"Kami tak ingin para peneliti rambut mendiagnosa kanker kulit; kami menginginkan para penata rambut memberikan perhatian terhadap kulit kepala dan bagian belakang telinga dan leher pelanggan, karena area-area tersebut sulit untuk dijangkau."

"Dan segera dapat diberitahukan kepada pelanggan untuk segera mengeceknya ke dokter," ujar Dr Shasa Hu, professor ilmu penyakit kulit dan bedah kulit dari University of Miami Miller School of Medicine.

Para peneliti juga menganjurkan adanya program selanjutnya yang dapat menolong para penata rambut, seperti kelas training, untuk mendeteksi kanker kulit.

"Apa yang kami inginkan di tahun-tahun mendatang adalah melatih para penata rambut profesional sebanyak mungkin. Kami kira hal itu cukup menjanjikan," tambah Geller.

Baca Berita Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger