Friday, April 13, 2012

Mengolah air tanah menjadi air minum yang sehat

BERITA ANAK MEDAN - Air sumur merupakan sumber utama air minum bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Untuk mendapatkan sumber air tersebut umumnya manusia membuat sumur gali atau sumur pantek.
Air tanah sering mengandung zat besi (Fe) dan Mangan (Mn) cukup besar. Adanya kandungan Fe dan Mn dalam air menyebabkan warna air tersebut berubah menjadi kuning-coklat setelah beberapa saat kontak dengan udara.
Selain dapat mengganggu kesehatan juga menimbulkan bau yang kurang enak serta menyebabkan warna kuning pada diding bak serta bercak-bercak kuning pada pakaian.
Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengolah air tanah menjadi air minum yang sehat.
1. Pada umumnya penggunaan air tanah jamak dilakukan untuk konsumsi air minum. Perlu diketahui bahwa kualitas air tanah suatu daerah berbeda dengan daerah lainnya.
Kualitas air tanah sangat bergantung pada tingkat kedalaman tanah yang dijadikan sumur, komposisi tanah, dan juga tingkat pencemaran di wilayah tersebut.
2. Jika Anda mengolah air minum sendiri, ada baiknya diamkan air tersebut di dalam wadah bersih yang tertutup. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengendapkan kotoran-kotoran yang terbawa.
3. Masaklah air di dalam panci yang tertutup rapat.
4. Pastikan air yang dimasak sampai keadaan mendidih agar bakteri di dalamnya mati.
5. Setelah Anda memasaknya, simpan air di dalam wadah botol yang tertutup rapat. 

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger