Thursday, December 15, 2011

shampo bayi berbahaya dapat menimbulkan kanker

BERITA ANAK MEDAN - Sebuah studi baru menyebutkan banwa penggunaan shampo bayi ternyata berbahaya karena dapat menimbulkan kanker. Benarkah?
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Analyitical Science di Amerika pada 2009 menemukan 23 dari 28 produk khusus bayi mengandung formaldehyde, atau dikenal karsinogen -zat kimia yang dapat menyebabkan kanker..
Penelitian yang dilakukan dalam rangka 'The Campaign For Safe Cosmetik ini' ditemukan dalam sebuah produk shampoo khusus bayi yang beredar, termasuk di Indonesia, yang mengandung 200 ppm (0,02%) formaldehyde. Padahal, formaldehyde yang ditemukan secara alami dalam banyak makanan dan bahkan di tubuh manusia dengan tingkat sebesar 4 ppm.
"Kami tidak bermaksud membuat panik para orang tua, akan tetapi ingin memberitahu mereka bahwa produk-produk yang 'berlabel' berbahan lembut dan alami ternyata terkontaminasi karsinogen, yang sebenarnya sama sekali tidak perlu," ungkap Stacy Malkan, juru bicara Campaign for Safe Cosmetics.
Formaldehyde tidak hanya ditemukan dalam produk sampo, tetapi di beberapa produk-produk lain, seperti lotion, sabun cair, pasta gigi, tisu basah serta sun block untuk bayi.
Tak hanya itu, dalam produk sampo khusus bayi juga ditemukan quaternium-15. Kedua zat kimia ini dapat memicu ruam dan reaksi alergi bagi sebagian kulit orang yang sensitif. Sebelumnya, WHO juga telah mengidentifikasi adanya keterkaitan antara formaldehyde dan kanker darah, leukimia.
Menurut Environmental Protection Agency Amerika, kedua unsur kimia ini sebenarnya tidak ditambahkan secara sengaja dalam produk-produk tersebut. Kedua unsur kimia ini muncul disebabkan proses pembuatan produk.

Baca Berita Lainnya :



0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger