Thursday, November 24, 2011

Wanita Rawan Pelecehan Seks Dalam Tahanan

BERITA ANAK MEDAN - Narapidana dan tahanan perempuan yang tengah menjalani hukuman dinilai rawan mengalami pelecehan seksual dan terjadi diskriminasi. Mengingat sebagian besar menjalani hukuman dalam Lembaga Pemasyarakatan bersama narapidana laki-laki.
Hal itu dikatakan Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum Hak Asasi Manuasi Jawa Timur Mashudi, Rabu (23/11) saat melakukan kunjungan ke Lapas Wanita, Sukun Kota Malang. "Karena tahanan perempuan itu kadang diselipkan di pojok. Mereka menjadi kelompok minoritas," jelasnya.
Selain itu katanya, akses tahanan perempuan untuk beribadah di masjid, hanya menggunakan lapangan olahraga dan sangat dibatasi. "Hal itu untuk membatasi kontak langsung antara narapidana laki-laki dan perempuan. Sehingga, hak-hak para narapidana perempuan sering terabaikan," katanya.
Di Jawa Timur, hanya memiliki sebuah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita di Sukun, Malang. Lapas Wanita Sukun diisi sebanyak 366 penghuni, 151 diantaranya tahanan. Sementara, jumlah perempuan yang berperkara mencapai seribu orang lebih.
Mashudi mengatakan, di Jawa Timur setidaknya dibutuhkan dua lapas wanita lagi. Adapun model pembinaannya harus berbeda dengan lapas lain. Seluruh petugas harus terdiri dari perempuan. "Lapas wanita di Indonesia hingga kini hanya berjumlah delapan buah," katanya.
Sementara itu, menurut Kepala Lapas Wanita Sukun Enny Purwaningsih, jika narapidana setiap hari menjalani pembinaan secara periodik. Setiap narapidana memiliki buku saku yang berisi jadwal aktivitas harian dan potongan hukuman yang diterima.
"Mereka dilatih keterampilan membatik, menjahit dan merajut. Diharapkan usai menjalani hukuman, mereka bisa bekerja secara mandiri dengan keterampilan yang dimiliki. Sepuluh persen hasil penjualan menjadi milik mereka," akunya.
Dari sekitar 366 narapidana, sebanyak 1551 narapidana produktif menghasilkan produk kerajinan. Hasil penjualan tersebut disimpan untuk kebutuhan mereka setelah menjalani hukuman. "Kini, total dana yang disimpan mencapai Rp 8 juta. Sebagian diserahkan keluarga untuk biaya pendidikan anaknya," katanya.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger