Wednesday, October 12, 2011

Susu Coklat Bikin Tubuh Langsing

BERITA ANAK MEDAN - Sebuah penelitian menyebutkan susu coklat selain menyehatkan tubuh juga bisa membantu Anda menjadi lebih langsing. Benarkah?

Pada kehidupan sehari-hari banyak orang dewasa yang enggan, bahkan berhenti meminum susu karena takut akan penambahan berat badan. Padahal menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of of Strength and Conditioning Research, minum susu cokelat rendah lemak akan membangun otot, mengurangi lemak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti dikutip care2,Dr. John Ivy, peneliti utama pada studi dari The University of Texas menjelaskan, baik atlet professional maupun amatir atlet sama-sama menikmati manfaat pemulihan fisik ketika mereka minum susu cokelat rendah lemak setelah latihan.

"Keuntungan yang dirasakan para peserta studi yakni komposisi tubuh yang lebih banyak otot dan sedikit lemak sehingga meningkatkan bentuk fisik secara keseluruhan lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang mengonsumsi minuman yang hanya mengandung karbohidrat," jelas Dr. Ivy.

Jika dibandingkan dengan jenis minuman lainnya, mereka yang meminum susu cokelat akan lebih maksimal dalam penyerapan oksigen. Mereka pun terlihat lebih prima kala bersepeda selama empat setengah minggu, melakukan latihan intens lima hari seminggu.

Penyerapan oksigen secara maksimal adalah salah satu indikator seorang atlet memiliki daya tahan dan kemampuan melakukan latihan berkelanjutan.

Adapun studi ini melibatkan 32 atlet pesepeda laki-laki dan perempuan, baik yang profesional maupun amatir.

Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan kandungan gula dalam susu cokelat. Apalagi kita dan anak-anak usia sekolah memiliki otot yang berbeda dan sistem metabolisme berbeda dari para atlet. Juga perlu diingat, terlalu banyak gula bisa menyebabkan obesitas, seperti halnya minuman bersoda.

"Kami memang belum memahami persis mekanisme apa yang menyebabkan susu rendah lemak coklat untuk memberikan manfaat besar bagi atlet," ungkap Dr.Ivy.

Namun, menurut Dr. Ivy, ada sesuatu dalam protein alami dan campuran karbohidrat pada susu yang menawarkan manfaat yang signifikan.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger