Wednesday, October 26, 2011

Olahraga Bisa Cegah Kanker

BERITA ANAK MEDAN - Beragam cara dan trik banyak dilakukan oleh sebagian perempuan dalam upaya pencegahan penyakit kanker payudara, salah satunya dengan olahraga.

Beragam studi yang dilakukan para ilmuwan menyebutkan bahwa dengan olahraga teratur bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker payudara.

Seperti dikutip dari National Institutes of Health, wanita yang aktif berolahraga jarang yang mengidap kanker ketimbang yang tidak berolahraga.

Sampai saat ini, para peneliti masih belum menemukan bagaimana sistem kerja tubuh seseorang yang suka berolahraga bisa mencegah datangnya kanker payudara, namun diduga hubungannya ada pada kombinasi aktifnya hormon, berat badan, kadar gula, keluarnya keringat hingga otot yang terlatih.

Seperti dikutip dari She Knows, berikut beberapa tipe olahraga yang dapat mencegah kanker payudara:

Jalan

Terdengar simpel namun jika dilakukan terlalu santai, semua akan percuma. Ada baiknya jika seseorang menggunakan pedometer sehingga bisa menentukan target yang harus dicapai tanpa buang-buang energi.

Bila Anda merasa sehat dan fit, maka tingkatkan intensitas berjalan dengan mempercepat langkah, seperti yang diungkapkan oleh Therese Iknoian, MS, penulis buku 'Fitness Walking'. Berjalan yang memacu kemampuan fisik lebih tinggi juga bisa dilakukan pada jalanan yang menanjak.

Latihan kombinasi

Kedua latihan di atas kurang menantang dan terkesan membosankan? Anda bisa melakukan latihan kombinasi di gym. Caranya dengan melakukan angkat beban ringan dengan latihan kardio intensitas rendah. Hal ini akan membakar lemak lebih cepat meskipun Anda telah menyelesaikan latihan.

Yoga

Aktivitas ini memadukan latihan fisik dengan meditasi, sehingga manfaatnya lebih kepada mengurangi tingkat stress. Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, temukanlah satu gaya yang Anda suka dan biasakan diri terlebih dahulu.

Gerakan hantha atau vinyasa bisa menjadi pemanasan sebelum beralih ke power yoga hingga Bikram (hot yoga)

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger