Sunday, October 23, 2011

Kulkas dapat Jadi Sarang Kuman

BERITA ANAK MEDAN - Kulkas yang sering digunakan untuk menyimpan bahan makan dirumah tanpa disadari ternyata menjadi sarang kuman. Pasalnya bakteri mematikan seperti E. Coli salmonella justru hidup di sekitarnya. Benarkah?
Berdasarkan penelitian para peneliti dari Eropa yang mengambil sampel dari rak penyimpan sayuran dan buah dari 30 buah lemari es dan menemukan sedikitnya terdapat 7.850 koloni bakteri per satu centimeter persegi.
"Tujuan lemari es adalah untuk menjaga agar makanan tetap aman dan meminimalkan kesempatan bakteri dan jamur untuk tumbuh, sehingga sangat mengkhawatirkan bila terjadi masalah tersebut," ujar Paul McDonnell, ahli mikrobial dari perusahaan Microban Europe.
McDonell juga menambahkan performa lemari es dalam melindungi makanan tidak akan optimal, terutama di suhu panas, karena temperatur tinggi dapat menggandakan perkembangan bakteri dan jamur.
"Suhu rendah dalam lemari es dapat mencegah pertumbuhan bakteri jika dibarengi dengan pembersihan secara rutin. Jika bakteri dibiarkan di tempat yang kotor dan jarang dibersihkan, maka bakteri dan jamur akan dengan mudah berkembang biak," tambah McDonell.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger