Monday, October 17, 2011

Ilmuwan Temukan Penulis Injil

BERITA ANAK MEDAN - Selama berabad-abad, identitas penulis Injil telah menjadi berdebatan yang belum terpecahkan. Kini ilmuwan menemukan cara mengungkapnya. Bagaimana?
Ilmuwan berhasil membuat program komputer yang akan menguak rahasia pada sumber beragam kitab agama di dalamnya. Ilmuwan komputer Israel dan filolog Injil telah menulis algoritma untuk menganalisa gaya tulis di beragam bab.
Meski tak bisa menentukan penulis individualnya, program ini mampu menentukan kapan satu bagian ditulis lebih dari satu orang. Selain itu, program ini juga mampu mendeteksi kapan penulis baru menggantikan tugas menulis kitab ini.
Sebelumnya, banyak pihak yakin, Torah atau lima buku pertama Injil ditulis oleh satu orang, yakni Musa. Di sisi lain, banyak ahli mengklaim ada lebih dari satu penulisnya. Program inilah yang akan membantu menentukannya.
Kepala peneliti Profesor Nachum Dershowitz dari Tel Aviv University menguji program ini pada buku Ibrani Yeremiah dan Ezekiel. Hasilnya seperti ditulis DM, program ini memiliki 99% keakuratan dengan melihat cara beragam kata didistribusikan.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger