Wednesday, September 21, 2011

Penampakan UFO Sepanjang Agustus

Berita Anak Medan - Menurut sebuah organisasi yang melacak laporan UFO, Agustus menjadi periode penampakan benda asing terbanyak. Jumlah penampakan yang terjadi berlipat ganda dari biasanya.
Menurut Mutual UFO Network (MUFON), penampakan UFO meningkat selama enam pekan ini dengan jumlah lebih dari dua kali lipat biasanya. Apakah hal ini menunjukkan ada di titik puncak invasi alien? Atau orang hanya memiliki lebih banyak waktu untuk menemukan dan melaporkan hal-hal aneh di langit?
“Temuan ini cukup menarik. Saat rata-rata penampakan bulanan hanya 500 di seluruh dunia, pada bulan ini meningkat menjadi 1.013 dalam satu bulan, jumlah lonjakan ini sangat menarik,” ujar direktur internasional MUFON Clifford Clift.
Clift mengaku tak yakin apa penyebab lonjakan yang terjadi pada data saat ini. Hal ini bisa menjadi awal sesuatu yang besar, atau saja hanya sekadar kesalahan komputer yang tak sengaja menghitung beberapa laporan dua kali.
Kemungkinan lain adalah, manusia sedang berada di tengah ‘invasi UFO,’ salah satu dari banyaknya peningkatan periodik penampakan selama bertahun-tahun. Terdapat beberapa alasan UFO muncul dalam kelompok.
Salah satunya adalah, benda-benda di langit yang biasa terlihat banyak orang, terutama saat benda ini muncul di wilayah perkotaan. UFO biasanya tak melayang dekat Bumi atau di halaman belakang seseorang melainkan tampak langit tinggi dengan jarak yang cukup jauh sehingga manusia tak bisa melihatnya secara detail atau mengambil fotonya yang tajam.
Jadi, apa pun UFO itu sebenarnya, entah pesawat, komet, pesawat makhluk asing, atau lainnya, satu obyek atau cahaya aneh di langit bisa memicu ratusan, bahkan ribuan laporan penampakan UFO.
Bahkan, laporan mengenai obyek sama mungkin akan menjadi berbeda tergantung pada perspektif pelapornya. Jadi, jika ada ratusan laporan UFO di satu Negara selama periode tertentu, penting sekali mengetahui bagaimana laporan itu dikategorikan.
Hal ini bisa jadi ratusan UFO yang berbeda terlihat oleh satu individu atau satu UFO itu terlihat ratusan orang. Selain itu ada pula penjelasan psikologis dan sosialnya. Penampakan ini sering dipicu media massa, orang yang membaca hal misterius atau melihat acara TV-nya dan minat atau kekhawatiran mereka yang menyebar dari orang ke orang.
“Bukan berarti semua orang membuat berita bohong atau membuat cerita penampakan, riset menunjukkan, jika Anda memberi tahu apa yang harus dicari pada pada orang (fenomena ini disebut ‘priming’), orang akan sering melihat apa yang mereka cari entah benar-benar ada atau tidak,” paparnya.
Clift mencatat, seolah media dan film bertema alien yang keluar, seperti ‘Apollo 18’ dan ‘Paul,’ menimbulkan minat ingin tahu masyarakat pada UFO. Orang mendengar berbagai hal mengenai UFO, dan untuk sementara waktu mereka cenderung melihat langit dengan lebih sering dan bertanya-tanya apakah mereka akan menyaksikannya sendiri.
Justru karena orang menghabiskan lebih banyak waktu melihat langit, untuk pertama kalinya mereka akan melihat cahaya dan benda-benda yang selalu ada di sana. Jadi, UFO tak mungkin menampakkan diri lebih sering melainkan menyadarinya lebih sering.
Proses identik bisa ditemukan di bidang medis di mana peningkatan laporan penyakit tak bisa mewakili peningkatan jumlah kasus yang sebenarnya melainkan lebih mencerminkan kesadaran masyarakat pada penyakit atau teknik skrining yang lebih baik.
Dengan kata lain, para ilmuwan mengetahui, hanya karena lebih banyak orang melaporkan sebuah fenomena tak selalu berarti fenomena ini lebih sering terjadi. Mengapa UFO lebih sering tampak di bulan-bulan musim panas? Salah satu kemungkinannya adalah, orang menghabiskan waktu lebih banyak di luar.
Alhasil, orang punya lebih banyak kesempatan memperhatikan benda-benda langit disbanding saat musim dingin yang membuat orang lebih senang berada di dalam rumah menonton televisi.
Clift sendiri mengaku, organisasinya tak biasa melihat peningkatan laporan dramatis. Apakah peningkatan penampakan berakar di kenyataan, kesalahan komputer, atau pengaruh psikologis dan sosial tetap harus dilihat. Satu hal pasti, “Ini bukan pertama kalinya laporan UFO meningkat dan tak hal ini tak akan menjadi yang terakhir kalinya

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger