Friday, September 30, 2011

Bernyanyi agar terbebas dari Stroke & Jantung

Anda hobi nyanyi atau berkaraoke? Kegiatan ini memang asyik dilakukan terutama bersama teman-teman. Tak hanya menyenangkan, berkaraoke di sebuah club ataupun pub ternyata juga menyehatkan.

Penelitian baru-baru ini menyebutkan, bahwa berkaraoke bersama para sahabat, rekan kerja ataupun keluarga dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung dan stroke.

Menurut peneliti, Professor Takeshi Tanigawa dari Universitas Ehime, Jepang, karaoke merupakan pilihan yang tepat bagi para pekerja untuk melepaskan kepenatan dan menghilangkan stres akibat rutinitas pekerjaan.

Ketika sedang bernyanyi secara tidak langsung seseorang akan mengelola napasnya secara teratur. Hal ini sangat baik dan bermanfaat untuk mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang dan memperlancar peredaran darah. Dengan demikian serangan penyakit jantung dan stroke yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah akan kecil risikonya.

Selain itu, tepukan tangan dari para sahabat dan rekan kerja seusai bernyanyi juga merupakan bentuk dukungan yang dapat membangkitkan semangat dan kepercayaan diri seseorang. Otomatis ini akan membantu merelakskan ketegangan yang mereka alami.

“Setelah bernyanyi, mereka biasanya akan menerima tepukan tangan. Ini sangat baik, sebagai bentuk dukungan dari lingkungan sosial dan dapat membantu melupakan kejadian yang membuat mereka stres,” ujarnya.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Alcoholism: Clinical & Experimental Research ini, melibatkan 19.356 responden berusia 40-69 tahun.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa mereka yang kurang sekali mendapat dukungan dari lingkungan sosialnya, memiliki pola hidup sehat yang sangat rendah. Umumnya mereka cenderung malas berolahraga, tidak memiliki pekerjaan dan jarang melakukan medical check up.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger