Friday, July 1, 2011

Produk Olahan Kentang Ternyata Berbahaya

Produk olahan kentang yang biasa menjadi favorit semua kalangan sebagai 'sahabat' menonton televisi, ternyata diklaim sebagai cemilan berbahaya. Benarkah?

Sebuah penelitian di Harvad menunjukkan bahwa keripik kentang, french fries, dan hampir semua produk olahan kentang adalah makanan yang 'sumbangannya' paling besar terhadap kenaikan berat badan.

Para ilmuwan telah melakukan studi terhadap lebih dari 100.000 pria dan wanita.

Studi itu menemukan fakta bahwa para responden berat badannya naik sekitar 1,52 kg setiap empat tahun. Jadi jika dijumlahkan, rata-rata orang bertambah berat badan hingga 7,71 kg sepanjang 20 tahun.

Setelah diteliti lebih lanjut, beberapa makanan dari olahan kentang bisa memicu kenaikan berat badan secara signifikan.

Hasilnya, keripik kentang adalah makanan paling buruk untuk program penurunan berat badan, menyumbang hingga 0,77 kg. Di peringkat kedua, masih ditempati makanan olahan kentang lainnya yaitu kentang goreng.

Menurut Dr Dariush Mozzafarian, profesor epidemiologi di Harvard School of Public Health, kentang goreng meningkatkan produksi glukosa dan insulin dalam darah.
Hal ini menyebabkan hasrat makan bertambah dan memicu orang ingin makan dengan porsi lebih besar pada jam makan berikutnya. Sehingga kalori yang diasup pun lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Selain kentang, masih ada beberapa jenis makanan yang jadi 'pelaku' tingginya kenaikan berat badan. Minuman mengandung gula menyumbang sekitar 0,45 kg (per 4 tahun), sementara alkohol 0,19 kg dan daging sekitar 0,43 kg.

"Penemuan kami menyimpulkan, perubahan gaya hidup dan pola makan sekecil apapun sangat besar pengaruhnya bagi tubuh. Baik itu dampak baik ataupun buruk," jelas Dr Dariush, seperti dikutip dari Huffington Post.

Dr Dariush menyarankan untuk mengurangi konsumsi refined foods, yaitu makanan yang telah melalui berbagai tahap pemrosesan. Misalnya kentang yang dibekukan, roti putih, daging olahan, permen, soda, kraker/biskuit dan sereal sarapan rendah serat

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger