Saturday, July 2, 2011

Ponsel Bisa Bikin Stroke

Hati-hati dalam penggunaan ponsel. Sebuah studi baru menyebutkan, sering menggunakan ponsel bisa menyebabkan stroke. Benarkah?

Menurut sebuah penelitian, penggunaan headset, headphone, atau MP3 player pada volume maksimal lebih dari 85 desibel (dB) lebih dari lima jam per minggu akan menyebabkan tuli permanen (stroke pada telinga).

Kehilangan pendengaran mendadak adalah suatu kondisi saat kita mengalami tuli sejenak. Ini berlangsung kadang-kadang dan akan segera pulih. Namun, bahayanya adalah bahwa jika ini terjadi terus-menerus maka akan menyebabkan tuli.

Seperti dilansir dari HealthMedicals, paparan kebisingan di atas 100 dB selama lebih dari satu jam sehari dalam waktu lima tahun dapat menyebabkan seseorang menderita kehilangan pendengaran permanen.

Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi stroke pada telinga ini. Selain paparan suara keras secara terus-menerus, bisa juga disebabkan trauma, pukulan di kepala atau infeksi, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Menurut situs Institut Nasional Gangguan Pendengaran dan Komunikasi, setiap tahun diperkirakan ada 4.000 kasus stroke pada telinga di Amerika Serikat. Gangguan ini dapat menyerang siapa saja, tapi yang paling banyak mengalaminya berusia 30-60 tahun.

Pasien stroke telinga sering keluhan tiba-tiba kehilangan pendengaran pada satu telinga atau keduanya. Selain itu, terkadang disertai dengan bunyi berdering di telinga dan pusing.

Setelah mengalami tanda-tanda ini, pasien harus segera mendapatkan perawatan medis agar diketahui jika penyebabnya sehingga pengobatan dini dapat dilakukan guna mencegah bahaya lebih lanjut.

Dalam kasus yang serius, satu-satunya cara adalah untuk membantu pasien adalah dengan alat bantu dengar. Memang tak dapat menyembuhkan hingga pulih 100%. Maka itu sejak kini, sebelum terlambat sayangilah telinga kita

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger