Wednesday, July 6, 2011

Masalah Kelainan Payudara dan Solusi

Alangkah senangnya memiliki payudara indah, kencang dan padat. Namun siapa sangka ternyata di balik keindahan payudara terkadang mengalami beberapa masalah.

Seperti dikutip dari Cosmopolitan, perempuan cenderung memiliki beberapa masalah pada payudaranya. Seperti apa?

Puting payudara rata

Kelainan yang dikenal dengan retracted nipple ini penyebabnya belum diketahui. Cara mengatasinya dengan menarik-narik puting secara kontinu yang dimulai kala kehamilan di atas lima bulan.

Cara menariknya dengan memutar kiri-kanan, lantas tarik keluar. Setelah puting berhasil keluar, ibu harus rajin menyusui.

Stretch mark di payudara

Stretch mark adalah garis-garis merah atau keputihan yang tipis dan sering muncul ketika kulit payudara kembali kendur setelah membentang oleh lonjakan pertumbuhan, seperti selama pubertas, kehamilan, atau kenaikan berat badan.
Kebanyakan wanita mendapatkannya tapi tergantung pada elastisitas kulit dan genetika Anda.

Areola terlalu besar dan gelap

Areola seperti bercak kulit gelap yang mengelilingi puting payudara. Penampilannya juga cenderung bervariasi. Sebagian berwarna merah muda, sebagian merah, sebagian cokelat, dan sebagian lain hampir hitam.

"Makin gelap warna kulit, akan semakin gelap areola Anda," kata Dr Christiane.
Sejumlah hormon kehamilan juga mengubahnya lebih gelap, dan mungkin tetap seperti itu setelah Anda melahirkan. Sekali lagi, ada jenis operasi plastik untuk pengurangan areola, tetapi bukan tanpa efek samping seperti bekas luka dan mungkin masalah menyusui.

Payudara bengkak
Asisten profesor klinis obgyin di NYU School of Medicine, Mirriam Green MD, menjelaskan payudara bengkak dan nyeri biasanya terjadi selama sepekan menjelang haid, terutama jika Anda memiliki penyakit payudara fibrokistik, suatu kondisi yang dipicu oleh perubahan hormon yang menyebabkan payudara membengkak dan sakit.

Kurangi konsumsi kafein sebelum menstruasi karena dapat menahan cairan dan membantu mengurangi pembengkakan. Perhatikan juga asupan garam.

Namun jika Anda mendeteksi benjolan di luar siklus haid, konsultasikan ke DSOG. Ini jarang terjadi dan mungkin menandakan kanker payudara.

Payudara kerap gatal

Pertama, oleskan body lotion setelah Anda mandi. Ini akan menjaga kulit tetap lembap, yang mengurangi kekeringan akibat gatal. Berikutnya, cari bra dengan bahan microfiber yang memungkinkan kulit bisa bernapas dan mengurangi iritasi.

Gatal ditambah kemerahan dapat menjadi tanda alergi kulit. Gantilah merek deterjen dan sabun Anda, lalu lihat adakah perbedaannya.

Masalahnya juga bisa akibat infeksi jamur kulit, maka oleskanlah krim antijamur untuk membunuh jamur. Tetapi jika luka pada puting tidak sembuh juga, konsultasikan ke dokter. Hal ini bisa menunjukkan bentuk yang sangat jarang dari kanker payudara.

Saluran ASI tersumbat

Saluran tersumbat biasanya mengakibatkan benjolan lokal di salah satu bagian payudara, sementara bagian yang lain tidak. Cara mengatasinya dengan selalu berusaha menyusukan ASI hingga payudara kosong.

Pijat rutin benjolan akibat penyumbatan ASI tersebut. Kemudian kompres dengan handuk yang telah direndam air hangat, selanjutnya kompres payudara dengan handuk yang telah direndam air dingin. Lakukan terus hingga benjolan hilang.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger