Tuesday, July 5, 2011

Ilmuwan Ciptakan Mesin Bersuara Manusia

Ilmuwan tengah mengerjakan proyek Rp85 miliar untuk menciptakan mesin bersuara manusia.
Peneliti Universitas Edinburgh, Cambridge, dan Sheffield berkolaborasi menjalankan proyek senilai Rp85 juta untuk menciptakan sistem perangkat elektronik yang dapat diaktivasi dengan suara.
Proyek yang ditargetkan selesai dalam waktu lima tahun ini nantinya menghasilkan perangkat elektronik yang bisa berkomunikasi dengan manusia secara alami, seperti yang ada di film-film.
Peneliti mengatakan teknologi ini adalah terobosan baru cara kerja komputer masa depan. Mereka menggunakan teknologi komputasi dan kecerdasan buatan, untuk menciptakan sistem yang dapat memahami bahasa lisan dan menghasilkan suara secara alami yang akrab dengan suara manusia.
Perangkatnya dapat diterapkan di situs mesin pencari di internet atau perangkat rumah tangga, supaya mudah dioperasikan oleh orang tua.
Profesor Steve Renals, dari Departemen Informatika Universitas Edinburgh, mengatakan, "Kami mengembangkan teknologi yang dapat mendeteksi dan menghasilkan suara secara alami. Ini akan membuat teknologi berbasis suara jadi semakin akrab dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger