Friday, July 8, 2011

Homoseksual itu Perubahan Orientasi apa Penyakit

Pemahaman tentang homoseksual dalam masyarakat Indonesia umumnya masih cenderung sempit, mungkin karena masalah seputar seksual masih diangap tabu.

Buktinya, masih banyak yang rancu mengganggap apakah homoseksual sebagai penyakit atau kelainan jiwa. Apapun anggapannya, pelaku homoseksual disarankan segera mengubah orientasi seksual melalui terapi dan perawatan.

Hal itu didasari asumsi homoseksual hanya menyangkut pilihan gaya hidup. Lantas, apakah homoseksual bisa disembuhkan?

Para psikologi yang tergabung dalam American Psychological Association menyimpulkan perawatan homoseksual tidak ada manfaatnya. Karena homoseksual bukan kategori sakit mental, melainkan seorang homoseksual harus mendapat dukungan sosial dan pendidikan.

"Berbeda dengan klaim perubahan orientasi seksual tidak ada cukup bukti bisa dilakukan dengan intervensi psikologi," kata Judith M Glassgold, ketua satuan tugas khusus lembaga itu.

Peneliti masih belum menyimpulkan apakah homoseksual berhubungan dengan genetik. Tapi lebih dari dari perkembangan alami dan kurang kasih sayang. Meskipun beberapa penelitian menyimpulkan gen juga berpengaruh.

"Sayangnya banyak penelitian di area perubahan orientasi seks memiliki desain yang salah. Beberapa penelitian megalami masalah metodologi dan sistematika yang berpotensi bisa salah," kata Glassgold.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger