Saturday, June 11, 2011

Toilet tahan bom di rusia

Beberapa kali menjadi sasaran serangan bom teroris, pemerintah Rusia makin siaga menjaga tempat-tempat umum. Salah satu langkah terbaru adalah menyediakan toilet umum antiteroris. Wastafel dalam toilet terbuat dari beton yang sangat kuat dan perabotan di dalamnya terbuat dari campuran baja dan plastik yang diperkuat. “Jika ada orang meninggalkan bom di dalam toilet itu dan meledak, toilet itu tidak akan hancur,” kata Anatoly Ashikhmin, pejabat yang terlibat dalam proyek dari Departemen Pemeliharaan Gedung Pemerintah Moskow itu.
Ada lagi kelebihan toilet itu, temperatur di dalamnya tidak akan turun melebihi 16 derajat Celcius. Selain itu toilet ini memiliki sistem pengamanan otomatis. Seseorang hanya bisa berada di dalamnya maksimal selama 30 menit. Setelah itu pintu akan terbuka secara otomatis dan alarm pun berbunyi.
Toilet itu bisa digunakan untuk siapa saja dan diharapkan bisa difungsikan menjelang akhir tahun ini.
Sayangnya calon pengguna toilet tidak begitu antusias menyambut toilet antibom itu.
“Menurut saya tidak terlalu penting bagi kita untuk memiliki toilet antibom. Yang penting sebenarnya kita punya toilet yang lebih bagus dan lebih banyak dari sekarang,” kata Anna, warga Moskow berusia 51 tahun.
Warga juga khawatir toilet umum itu akan lebih mahal. “Kalau bayar masuknya lebih mahal, orang malas menggunakannya,” ujar Olga (26).
Dia memilih menggunakan toilet kafe. “Mestinya boleh, setidaknya bagi orang yang bisa berkomunikasi dengan baik,” imbuhnya.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger