Tuesday, June 21, 2011

Searching di Google, yang Muncul Iklan?

Saat searching di Google, hasil apa yang Anda dapatkan? Apakah situs yang tepat, atau malah iklan?
Saat Anda searching sebuah kata kunci di Google, daftar hasil pencarian apa yang tampil? Tentu situs atau halaman web yang mengandung kata kunci tersebut. Tapi kenapa beda orang, beda komputer, dengan kata kunci sama bisa menampilkan daftar hasil pencaraian yang berbeda? Jika Anda berpikir hasil pencarian yang ditawarkan Google itu murni berdasarkan apa yang ada di jagat maya, bisa jadi Anda salah.
Setidaknya itulah pendapat DuckDuckGo di dontbubble.us. Menurut mereka, search engine yang popular sekarang seperti Google lebih banyak menampilkan hasil pencarian yang mengarah pada situs-situs pemasang iklan di Google. Ini yang disebut DuckDuckGo sebagai filter bubble. Saat searching di Google, sebenarnya kita sedang searching di dalam filter bubble.
Karena pada dasarnya itulah cara Google mencari uang, yaitu dengan membuat orang-orang meng-klik link teratas, yakni situs pemasang iklan di Google. Tidak hanya itu, Google juga mampu merekam kata-kata kunci yang sering kita ketikkan di kotak pencarian.
Jadi secara otomatis Google menampilkan situs-situs atau halaman yang sudah familiar bagi (berdasarkan search history), bukan daftar situs yang sebenarnya. Mungkin masih berhubungan, tapi hasilnya tidak murni situs seperti apa adanya yang terdapat di jagat maya.
Apakah Anda setuju dengan DuckDuckGo?

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger