Friday, June 17, 2011

Pemburu Amatir Temukan Dinosaurus Terkecil Dunia

Pemburu fosil amatir menemukan dinosaurus terkecil dunia. Karena tak menyadarinya betapa pentingnya fosil itu, fosil itu hanya jadi penghuni laci selama dua tahun.
Kolektor Dave Brockhurst (51) menemukan fosil itu di tumpukan bata tak terpakai dekat rumahnya di Bexhill, East Sussex. Fosil dinosaurus ini diberi nama Ashdown Maniraptoran.
Secara tak sadar, pria ini menyimpan fosil menakjubkan dinosaurus terkecil dunia ini dalam laci meja samping tempat tidurnya selama dua tahun.
“Saya tahu fosil ini unik, namun tak mengerti apa itu. Karenanya, saya simpan saja di laci karena saya tak tahu harus saya apakan fosil ini,” katanya.
Fosil hewan bertulang belakang ini pun berhasil disatukan Dr Darren Naish dan Dr Steve Sweetman untuk kemudian diteliti.
Hewan seberat tujuh ons ini merupakan makhluk berbulu berkaki dua seperti burung dan kemungkinkan memiliki ekor, berleher panjang dan memiliki cakar di kaki dan tangannya. Hewan ini hidup di periode Krutasius bawah 100-145 juta tahun silam.
Karena tengkorak dinosaurus ini belum ditemukan, Naish mengaku tak bisa menentukan makanan dinosaurus ini. "Dinosaurus ini mungkin omnivora, memakan hewan kecil, termasuk serangga, namun juga memakan daun dan buah," paparnya.
Brockhurst mengaku terkejut mengetahui fosil ini merupakan dinosaurus dari spesies yang benar-benar baru.
"Saya terperangah saat mereka mengatakan fosil ini merupakan dinosaurus terkecil dunia. Menakjubkan!" katanya.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger