Wednesday, June 15, 2011

Komputer Ternyata Sarang Penyakit

Kuman penyakit tersebar dan berkembang biak di mana saja. Studi terbaru menunjukkan komputer dinyatakan sebagai sarang tumbuhnya kuman penyakit.

Beradasarkan pada studi baru yang berkembang selama ini, komputer dinyatakan sebagai sarang tumbuhnya kuman penyakit. Benarkah?

Sebuah penelitian menyebutkan komputer, teknologi yang selama ini membantu Anda dalam bekerja, ternyata juga menjadi tempat potensial bagi berkembang biaknya kuman.

"Terutama jika komputer tersebut tidak hanya digunakan oleh Anda sendiri, tetapi juga harus berbagai dengan rekan kerja lainnya," ujar peneliti.

Menurut Prof. Enzo Palombo, ilmuwan dari Swinburner University of Technology di Melbourne, Australia, yang melakukan riset, komputer di kantor, warnet ataupun laboratorium komputer yang sering digunakan banyak orang merupakan tempat paling potensial bagi mikroorganisme itu tumbuh dan berkembang biak.

Palombo menjelaskan, risiko terjadinya infeksi kuman semakin tinggi bila peralatan komputer Anda jarang dibersihkan. Dari hasil tes yang dilakukan terhadap sejumlah komputer di sebuah kampus, ditemukan bahwa hampir setengah jumlah keyboard mengandung bakteri Staphylococcus.

Menurutnya, keyboard yang sering berpindah tangan berisiko mengandung lima kali jumlah mikrooarganisme yang berasal dari satu orang. Bayangkan bila ada lebih dari satu orang yang menggunakan keyboard tersebut. berapa banyak jumlah mikroorganisme yang akan berpindah ke tubuh Anda?

Meskipun jenis bakteri ini tidak berbahaya saat menyentuh kulit, namun dapat menyebabkan infeksi yang serius jika masuk ke dalam tubuh.

"Keyboard dan peralatan lainnya yang berkontak langsung dengan area tangan, seperti mouse, harus dibersihkan secara rutin untuk membasmi kuman. Apalagi bila komputer itu sering digunakan banyak pekerja di kantor,” pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger