Monday, June 6, 2011

Kafein bisa buat mandul

Gemar minum kopi atau mengonsumsi minuman ringan? Wanita, Anda harus berhati-hati, karena kandungan kafein mampu mengganggu kesuburan Anda.

Penelitian Fakultas Kedokteran dari University Nevada membuktikan kafein berbahaya bagi kesehatan wanita. "Bisa menggangu kesuburan wanita," kata Peneliti Utama Sean Ward kepada MyHealthNewsDay.

Menurut Ward, konsumsi kafein bisa mengurangi aktivitas otot-otot di saluran telur wanita, terutama dalam membawa ovum menuju indung telur. "Kafein menghambat kontraksi otot sehingga telur tidak bisa dibuahi,"katanya. Artinya, perempuan itu mandul.

Penelitian Ward didapat dari hasil uji coba pada kesuburan tikus yang diyakini serupa dengan manusia. Ini menguatkan temuan sebelumnya yang diterbitkan pada 1993 di American Journal of Epidemiology. Penelitian ini menyebutkan tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan kemungkinan kehamilan sebesar 27 persen.

Namun, penelitian Ward tidak sepenuhnya terfokus pada kafein yang terkandung dalam kopi. "Kafein di sini secara umum," katanya. Jadi, konsumsi kafein dalam makanan apa pun bisa meningkatkan risiko kemandulan. Kini Ward berencana melakukan penelitian baru tentang seberapa banyak kafein yang bisa membuat wanita mandul.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger