Wednesday, June 8, 2011

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Total 16 Juni!

Tahun ini ada 2 gerhana bulan total. Yang paling dekat, pada Kamis 16 Juni 2011 dini hari nanti dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Yuk ramai-ramai melihat!

"16 Juni dini hari ada gerhana bulan total, jadi seluruh bulan akan tertutup bayangan bumi," ujar profesor riset bidang astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin ketika berbincang dengan detikcom, Selasa (7/6/2011).

Thomas memaparkan gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 01.23 WIB hingga pukul 05.02 WIB, dalam rentang waktu itu akan terjadi gerhana bulan total mulai pukul 02.22 WIB sampai pukul 04.03 WIB. Gerhana bulan total ini bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia.

"Seluruhnya bisa lihat dengan mata telanjang, karena total jadi menarik," jelas Thomas.

Selain pada 16 Juni, fenomena alam yang sama juga terjadi pada 10 Desember 2011. Untuk gerhana bulan total pada Desember 2011, terjadinya pada lepas Isya Yaitu pada pukul 19.46 WIB sampai pukul 23.18 WIB. Sedangkan puncak gerhana bulan total, terjadi pada pukul 21.06 WIB hingga pukul 21.57 WIB.

Lapan sendiri akan mengamati melalui stasiun pengamatan Lapan di Sumedang dan Bandung, Jawa Barat. Jika memungkinkan, pengamatan itu bisa disiarkan melalui streaming via internet.

"Prinsipnya dengan streaming dimungkinkan untuk melakukan menyiarkan langsung, tapi saya belum menanyakan kesiapan langsung dengan teman-teman," kata Thomas.

Selain mengimbau masyarakat untuk melihat, Thomas juga mengajak warga yang muslim melakukan salat gerhana.

"Gerhana bulan masyarakat diajak untuk ikut menikmati, selain melaksanakan salat gerhana mengagungkan kebesaran Allah, juga bisa melihat gambaran kualitas atmosfer bumi dari bayangan saat gerhana," kata Thomas.

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger