Thursday, June 30, 2011

Berjemur Turunkan Risiko Kanker

Paparan sinar matahari selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, disebut-sebut juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Benarkah ?

Sebuah studi baru menyebutkan terpapar sinar matahari selama tiga jam dalam sehari efektif untuk mengurangi risiko kanker payudara hingga separuhnya.

Penelitian membuktikan sinar matahari memiliki kemampuan antikanker dengan cara merangsang produksi vitamin D di kulit.

Penelitian di laboratorium menemukan sel-sel di payudara punya kemampuan mengubah vitamin D menjadi hromon yang memiliki manfaat antikanker.

Para ilmuwan dari Kanada yang melakukan riset ini membandingkan 3.101 pasien kanker payudara dengan 3.471 perempuan yang tidak memiliki tumor.
Setiap responden ditanyakan mengenai paparan sinar matahari yang mereka terima selama bulan April-Oktober, di setiap tahapan kehidupan, saat remaja, usia 20, 30, 40, 50, dan usia 60-74 tahun.

Hasilnya, menunjukkan perempuan yang terkena sinar matahari sedikitnya 21 jam setiap minggunya di usia remaja, memiliki risiko 29% lebih rendah terkena kanker payudara.

Sementara itu wanita yang banyak menghabiskan waktunya di bawah sinar matahari di usia 40-an dan 50-an risikonya turun 26% dan untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun risikonya turun lebih besar lagi, hingga 50%

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger