Thursday, May 26, 2011

Wanita Inggris "Ogah" Bicara Soal Kontrasepsi Dibanding Seks

Wanita bersedia membicarakan soal seks secara gamblang. Namun mereka enggan membicarakan tentang kontrasepsi kepada pasangan atau dokter ahli sekalipun, penelitian terbaru menunjukkan.
Penelitian yang dilakukan Bayer Healthcare terhadap wanita-wanita di Inggris ini menemukan bahwa 56 persen dari mereka mengaku tidak nyaman berdiskusi mengenai kontrasepsi dengan pasangan. Bahkan 24 persen dari mereka tidak pernah sekalipun membicarakan soal kontrasepsi.

Meskipun 86 persen menunjukkan ketegasan tentang pilihan kontrasepsi yang akan digunakan, 10 persennya masih mengakui kalau mereka jarang berkonsultasi kepada dokter ahli terkait pilihan kontrasepsi tersebut.

Konsultan Kontrasepsi dan Kesehatan Seksual dari Inggris Dr. Tina Peer mengatakan memang banyak pilihan kontrasepsi yang disediakan untuk perempuan. Tapi ini diimbangi dengan banyak kebingungan tentang kontrasepsi itu sendiri.

Kurangnya pengetahuan masih dijadikan alasan rendahnya kesadaran pemakaian kontrasepsi. Seperti halnya kurang pengetahuan tentang perbedaan antara hormon estrogen dan progesteron serta manfaatnya masing-masing.

"Di sisi lain wanita perlu memikirikan kebutuhan gaya hidup mereka, kontrasepsi oral sering dikaitkan dengan risiko jerawat, kenaikan berat badan atau pendarahan berat," ujarnya.

Psikolog dari Inggris Dr. Linda Papadopolous membenarkan hal tersebut. Menurutnya wanita memang lebih percaya diri jika diminta membicarakan soal seks dari beberapa sudut pandang, tapi akan berbeda jika yang dibicarakan adalah kontrasepsi.

Wanita bisa menjadi sangat munafik dan malu untuk membicarakan dan mengakui kontrasepsi seperti apa yang mereka suka atau inginkan. Wanita lebih baik keluar dari topik pembicaraan.

"Wanita dapat berpikir dan berbicara banyak tentang seks, tapi kontrasepsi jelas masih menjadi perhatian kedua. Padahal solusi kontrasepsi yang tepat bagi mereka pada akhirnya dapat mengurangi angka kelahiran tidak terencana," papar Papadopolous

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger