Thursday, May 26, 2011

Saat Sakit, Seks Justru Dibutuhkan

Kebanyakan orang enggan melakukan hubungan seks dengan pasangan saat menderita sakit karena takut mengganggu.
Sebenarnya itu pandangan yang salah. Justru hubungan seks harus makin intens.

Inilah yang diungkapkan MPALLC dari Unit Paliatif RS Kanker Dharmais dr. Maria A. Witjaksono dalam sebuah acara di Hotel Sahid, Jakarta.

Dr. Maria bercerita banyak pasien kankernya mengeluh pasangannya seperti tidak cinta lagi selama sakit. Pasangan-pasangan mereka sekarang cuma numpang lewat melihat kondisinya.

Ketika ditanya langsung kepada pasangan si pasien, pasangannya berkata kalau mereka takut mengganggu jika sedang istirahat atau nantinya bisa berdampak buruk terhadap kesehatan si pasien yang notabene sedang menjalani perawatan.

"Padahal hubungan seks itu sangat penting, sayangnya si pasien sendiri takut atau malu untuk meminta dengan pasangannya," ujarnya.

Segala kegiatan seksual seperti memeluk, mencium, membelai dan termasuk hubungan seks sebenarnya adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh pasien. Dengan segala kegiatan itu, pasien bisa merasa masih sangat berharga untuk pasangannya meskipun sakit.

Selama ini yang terjadi sebetulnya hanyalah kesalahpahaman yang beranggapan penderita penyakit parah seperti kanker tidak boleh berhubungan intim.

"Jika masih ragu apakah ada syarat tertentu atau apa efek yang bisa ditimbulkan dari pasangannya, akan lebih baik jika sebelum melakukannya ditanyakan kepada ahlinya," saran Maria

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger