Monday, May 23, 2011

Cuaca Dingin, Nafsu Makan Melambung

Di luar, udara dingin menyelimuti seluruh kota. Tiba-tiba nafsu makan Anda naik beberapa kali lipat dibanding hari-nari biasanya, yang Anda tidak ketahui mengapa bisa terjadi. Ditambah lagi dengan adanya penjual bakso, pangsit, kwetiau berkuah, tekwan hangat, atau sebungkus mie instan di lemari, maka Anda akan semakin tergoda untuk menghangatkan tubuh dengan makanan hangat dan lezat tersebut.




Ternyata nafsu makan yang bertambah selama udara dingin tidak hanya terjadi pada warga Indonesia. Bagi warga yang bermukim di daerah yang memiliki empat musim, mereka juga mengaku sering mengalami kenaikan nafsu makan pada saat musim gugur dan musim dingin. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Udara dingin membuat tubuh membakar lebih banyak energi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, karena itulah Anda akan lebih cepat lapar. Seperti dilansir bettyconfidential, penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Clinical Nutrition dari The University of Massachusetts Medical School melaporkan bahwa perubahan musim akan membawa pengaruh pada kebiasaan makan. Orang-orang akan cenderung lebih mudah lapar pada musim bersuhu dingin.

Melihat hal ini, Angela Ginn, seorang ahli diet dan juru bicara American Dietetic Association memberikan saran makanan apa yang tepat agar berat badan Anda tidak melonjak selama musim gugur tanpa mengurangi asupan makanan untuk menjaga suhu tubuh. Tentunya, sehat.

1. Panggang Dengan Oven

Mengolah makanan dengan cara dipanggang dalam oven lebih baik daripada menggoreng. Hasil makanan yang diproses dengan menggoreng mengandung lemak jenuh yang lebih banyak dibanding makanan yang dipanggang. Selain itu, makanan yang dipanggang lebih renyah dan lezat.

2. Rebus Masakan

Selain lebih nikmat disantap selagi cuaca dingin, memasak bahan makanan dengan cara merebus lebih baik daripada digoreng. Ganti daging merah Anda dengan sayuran kaya serat seperti wortel, jamur, dan umbi-umbian. Kacang-kacangan juga bisa memberi protein yang lebih rendah kadar lemak jenuh dibanding daging merah. Tetapi jika Anda ingin menikmati daging, Anda bisa memilih dada ayam.

3. Nikmati Manis Dalam Buah

Daripada menikmati cupcakes yang penuh dengan krim manis, lebih baik Anda menikmati gula dan kalori dalam bentuk buah. Jika Anda tidak suka buah yang dimakan langsung, Anda bisa mengolahnya. Misalnya saja apel panggang, pir rebus dengan tambahan sedikit gula dan kayu manis, atau buah segar dengan campuran plain yogurt. Serat buah yang banyak akan menahan rasa lapar Anda.

4. Sediakan Cemilan Sehat

Musim apapun, Anda suka dengan cemilan bukan? Untuk musim dingin, sediakan cemilan sehat ini dalam lemari Anda. Kacang-kacangan, makanan ini rendah lemak dan kaya protein, pilih yang diproses tanpa garam. Buah-buahan segar. Popcorn yang diproses tanpa mentega dan garam. Terakhir, roti dari gandum yang kaya serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

http://woman.kapanlagi.com/kesehatan/8171-cuaca-dingin-nafsu-makan-melambung.html

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger