Monday, May 23, 2011

Bocah Gemuk Tak Selalu Sehat

Bila bobot tubuh buah hati Anda kelebihan maka bisa meningkatkan resiko terserang diabetes tipe 2 nantinya. Nah, sebagai orangtua tentunya Anda ingin mencegah hal tersebut bukan? Penelitian teranyar dari Medical College if Georgia juga menemukan hubungan antara anak yang beresiko terserang diabetes tipe 2 ternyata rentan pula mengalami tulang rapuh. Meski anak bertubuh gemuk memiliki massa tulang lebih besar ketimbang anak normal, akan tetapi belum tentu bisa menunjang bobot tubuhnya.

Perhatikan pula visceral fat yakni lemak berlebih di sekitar perut yang sudah teruji menyebabkan resisten insulin juga dapat melemahkan tulang. Sebab lemak perut dapat mengaktifkan sel yang merusak sel tulang. Kabar baiknya, di usia pertumbuhan ini, anak-anak masih punya banyak waktu untuk memperbaiki tubuhnya. Proses pertumbuhan tulang serta metabolisme vitamin D dan K pun lebih aktif berlangsung di usia kanak-kanak. Maka, jaga bobot si kecil sejak dini. Dorong mereka untuk selalu aktif bergerak, bermain, olahraga dan beri asupan makanan yang bergizi, sebelum terlambat.

Ayo bergerak aktif!

Anda tak ingin anak kesayangan mengalami obesitas bukan? Coba baca artikel ini. Menurut sebuah penelitian di Norwegia School of Sports Sciences di Oslo, anak-anak zaman sekarang wajib bergerak atau bermain hingga berkeringat sehat paling tidak 90 menit per hari. Penelitian ini mengamati lebih dari 1.700 anak usia 9 hingga 15 tahun pada berbagai sekolah di Denmark, Estonia dan Portugal. Para peneliti menghitung nilai faktor risiko penyakit kardiovaskular dari tekanan darah, bobot tubuh dan level kolesterol anak-anak tersebut. Setiap anak diminta mengenakan alat untuk memonitor tingkat keaktifan mereka sehari-hari.

Dari penelitian itu terungkap fakta, anak yang berolah tubuh paling tidak selama 88 menit per hari mampu menurunkan nilai faktor risiko mereka. Kabar baiknya, anak-anak tidak perlu berolahraga keras. Berjalan kaki selama 90 menit saja sudah efektif menurunkan risiko serangan jantung dan obesitas. Gampang bukan?

http://woman.kapanlagi.com/relationship/keluarga/8423-bocah-gemuk-tak-selalu-sehat.html

0 komentar:

Post a Comment

Lowongan kerja Medan 2012 :

 
Design by blogger Themes | Bloggerized by agroy - Berita anak medan | Best By blogger